Articles

Pengembangan Karir Pribadi


Pengembangan Karir Dimulai Dengan Tujuan

Tidak akan ada rencana jika tidak ada tujuan. Oleh karena itu memiliki tujuan yang jelas dalam karir teman-teman adalah langkah awal teman-teman dalam pengembangan karir. Apa tujuan teman-teman dalam karir? Silahkan teman-teman renungkan, apa yang menjadi keinginan terbesar dalam karir teman-teman.

Jangan hanya melihat satu aspek saja dalam penetapan tujuan teman-teman. Misalnya hanya melihat aspek gaji saja, Teman-teman ingin memiliki gaji sekian puluh juta per bulan. Bisa saja, gaji besar tidak memberikan kenyamanan teman-teman dalam bekerja. Jadi, pertimbangkan juga aspek-aspek lain dalam menetapkan tujuan karir teman-teman.

1. Berapa gaji yang teman-teman inginkan?

2. Apa jabatan yang teman-teman bidik?

3. Dimana (kota/negara) teman-teman ingin bekerja?

4. Pekerjaan apa yang ingin teman-teman lakukan?

5. Di perusahaan apa teman-teman ingin bekerja? Perusahaan yang sama atau yang lain?

Silahkan pertimbangkan semuanya, bukan hanya satu aspek saja. Setelah itu, buatlah gambaran tentang karir idaman. Ini adalah langkah pertama dalam pengembangan karir.

STOP!

Apakah teman-teman melihat karir idaman teman-teman seperti mimpi atau sebuah yang realistis? Buatlah big dream, tetapkan tujuan karir teman-teman yang tinggi. Apakah teman-teman merasa pantas untuk meraih karir idaman teman-teman? Jika teman-teman merasa tidak pantas, jangan menurunkan tujuan teman-teman. Tetapi, tingkatkanlah kepercayaan diri teman-teman! Sebab, terkadang teman-teman merasa tidak pantas karena tidak percaya diri.

Tujuan karir adalah untuk masa depan teman-teman. Meski kualitas diri teman-teman saat ini merasa belum pantas untuk karir yang diidamkan, masih ada waktu untuk mengembangkan kualitas diri.

Rencanakan Juga Peningkatan Kualitas Diri

Teman-teman tidak akan pernah mencapai karir idaman yang tinggi jika teman-teman tidak meningkatkan kualitas diri teman-teman. Pengembangan karir tidak berarti tanpa disertai dengan peningkatan kualitas diri.

Rencanakanlah peningkatkan kualitas diri teman-teman sehingga hingga pantas mendapatkan karir idaman. Kualitas diri pada dasarnya terdiri dari dua bagian:

1. Keterampilan atau kemampuan apa saja yang diperlukan untuk mencapai karir idaman?

2. Sikap apa saja yang diperlukan untuk mencapai karir idaman? Sejauh mana motivasi kerja Teman-teman?

Tuliskanlah dan rencanakan bagaimana Teman-teman memiliki keterampilan, kemampuan, dan sikap yang diperlukan. Ada yang mengatakan, faktor sikap memberikan pengaruh 85% terhadap keberhasilan Teman-teman.

Selamat mencoba!!

Good Luck :)


Writer : Riblita Damayanti

Uploaded By : Nurlianti Auliani
Last Update : 25/11/2015

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 1100
  • Available Position : 40779
  • Total Jobseekers : 537642
  • Total Employer : 11780