Articles

Kunci Mempersiapkan Karir bagi Mahasiswa

Terdapat beberapa tipe mahasiswa yang biasa ditemukan: mereka yang menghabiskan waktu di perpustakaan, mereka yang menghabiskan lebih banyak waktunya untuk bersosialisasi dengan teman-temannya, mereka yang membagi waktunya antara bekerja dan kuliah, mereka yang terbiasa mengerjakan tugas mendekati tenggat waktu, mereka yang melakukan semua yang telah disebutkan, ataupun mereka yang tidak melakukan semuanya sama sekali.

Dengan semua tipe-tipe mahasiswa yang ada, mempersiapkan masa depan, yaitu kehidupan setelah lulus dari perkuliahan, semenjak hari pertama mereka bekerja mungkin bukanlah prioritas yang dimiliki. Hal ini akhirnya dapat menyebabkan mahasiswa merasa bingung ketika mereka akan lulus, atau ketika mereka telah lulus. Apa yang harus saya lakukan setelah ini? Pekerjaan seperti apa yang saya inginkan? adalah beberapa hal yang paling sering menjadi pertanyaan bagi mereka yang tidak mempersiapkan hal ini dari jauh hari. Pada akhirnya, hal seperti ini sudah pasti tidak diinginkan untuk terjadi pada siapa pun.

Apabila memungkinkan, mahasiswa sudah seharusnya mempersiapkan masa depannya sedini mungkin, baik itu dengan cara terlibat dalam kegiatan kampus, selalu mengetahui perkembangan di lingkungan kampus, networking yang baik dengan dosen, dan mencari pengalaman profesional. Survey yang dilakukan oleh McGraw-Hill Educationss Future Workforce (dalam Forbes.com) memperlihatkan beberapa fakta menarik tentang mahasiswa yang baru saja menyelesaikan masa perkuliahannya:

1. Mahasiswa yang telah lulus tidak merasa terlalu mampu untuk menghadapi dunia yang sebenarnya pasca perkuliahan:

Hanya 4 dari 10 orang mahasiswa di Amerika Serikat merasa sangat siap untuk karir di masa depannya. Wanita merasa lebih inferior dalam hal kesiapan kerja. Banyak di antaranya yang merasa bahwa pengalaman yang diberikan oleh Universitas tidak memberikan kemampuan penting yang mereka butuhkan saat transisi ke dunia kerja, seperti penyelesaian masalah kompleks (43%), penulisan resume (37%), kemampuan menghadapi interview (34%), dan pencarian kerja (31%).

2. Terdapat ketidaksesuaian antara persepsi mahasiswa dan employer (pemberi pekerjaan) :

77% karyawan merasa percaya diri tentang kemampuan profesional, etik kerja, kerjasama, serta kemampuan kolaborasi, sedangkan employer tidak merasa demikian. Employer merasa lulusan baru tidak memiliki kemampuan yang cukup untuk masuk ke dunia kerja.

3. Pengalaman yang lebih banyak membantu mahasiswa lebih percaya diri dan siap masuk ke dunia kerja:

Lebih dari setengah mahasiswa yang mengikuti survey mengatakan akses untuk melakukan internship serta pengalaman profesional lainnya akan membantu mereka untuk merasa lebih siap masuk ke dunia kerja.

Dengan mengetahui fakta-fakta di atas, terdapat beberapa hal yang harus dilakukan mahasiswa untuk mendapatkan kesiapan dan kesempatan kerja yang lebih baik di depannya. Beberapa di antaranya adalah:

1. Aktif mencari pengalaman profesional

Ambil kesempatan bekerja secara profesional sebanyak mungkin, baik itu pekerjaan tidak tetap, internship, atau bekerja secara sukarela yang memberikan kesempatan untuk mengembangkan kemampuan yang diperlukan di masa depan.

2. Manfaatkan pusat karir yang ada di Kampus

Career Center menawarkan banyak hal yang dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memasuki dunia kerja, salah satunya adalah tersedianya workshop yang berisikan materi-materi seperti penulisan CV, kemampuan wawancara, networking, dan banyak kemampuan lainnya. Dari career center tersebut, mahasiswa juga mendapatkan kesempatan untuk melakukan internship di berbagai perusahaan.

3. Ciptakan Peluang Secara Mandiri

Ketika skill yang dibutuhkan tidak tersedia dalam internship ataupun pekerjaan tradisional yang ada, mahasiswa dapat mencoba untuk menciptakan sesuatu yang dapat menambah skill yang dibutuhkan di pekerjaan yang diinginkan. Membiasakan menulis, melatih skill fotografi, atau mengikuti berbagai course tambahan dapat menjadi pilihan untuk mengisi waktu luang sehingga lebih bermanfaat.

Ni Made Rai Kistyanti, M. Psi., Psikolog


Sumber: https://www.forbes.com/sites/shelcyvjoseph/2018/08/11/what-every-college-student-should-be-doing-for-career-success/#51a61a0762c4 diakses pada 22 April 2018


Uploaded By : Albert Henderson
Last Update : 27/05/2019

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 10941
  • Available Position : 40791
  • Total Jobseekers : 496819
  • Total Employer : 11773