Articles

Saatnya Meningkatkan Karir


Posisi dan jabatan yang strategis, gaji dan fasilitas yang bagus, kemudian sejumlah kompensasi lainnya merupakan idaman setiap karyawan manapun. Siapapun kamu, pasti ingin mencapai karir yang mapan. Tapi bagaimana kalau karir kamu mentok? Sementara kamu merasa sudah bekerja maksimal, disiplin dan selalu menuruti perintah atasan. Pasti dalam hati kamu bertanya-tanya sendiri. Apa yang salah??

Jika kamu merasakan hal demikian, coba untuk jangan berdiam diri dan pasrah aja. Jika cuma diam, maka tidak akan ada perubahan berarti dalam karir anda.

Nah...berikut ada beberapa cara untuk menaikkan karir kamu :

- Sosialisasi dengan karyawan divisi lain

Sosialisasi antar karyawan diyakini akan membantu perkembangan karir kamu. Semakin banyak orang mengenal kamu dan kamu mengenal mereka, semakin besar pula kemungkinan kamu untuk sukses di karir. Karena semakin banyak orang yang mengenal kamu, maka semakin banyak pula orang yang mengetahui kemampuan kamu. Dan ini membuka peluang dan kesempatan bagi kamu untuk mendapatkan rekomendasi dan promosi jabatan.

- Menjalin hubungan baik dengan atasan

Kamu tidak bisa mengelak untuk berhubungan baik dengan atasan. Karena bagaimanapun juga, atasan memiliki otoritas terhadap kelanjutan karir kamu. Jika hubungan kamu dengan atasan kurang harmonis, bisa jadi karir kamu akan terganjal. Bukankah untuk mendapatkan promosi kamu harus melewati rekomendasi atasan kamu ? So, ciptakan hubungan yang harmonis dengan atasan. Bukan hanya dengan selalu menuruti perintahnya aja tetapi juga dengan menciptakan komunikasi yang baik.

- Fokuskan keahlian anda

Kamu tidak perlu menonjolkan eksistensi diri di berbagai bidang untuk mendapatkan perhatian lebih dari si bos. Sebaiknya, cukup fokuskan kemahiran kamu di satu bidang yang memang sudah seharusnya anda kuasai. Dengan cara ini, sangat mudah bagi atasan untuk menilai performa kerja kamu yang tampak menonjol.

- Pelajari teknologi

Untuk meningkatkan karir, kamu tidak bisa menghindari kemajuan teknologi. Karena tak dapat dipungkiri kemajuan teknologi sangat membantu dan memperlancar tugas-tugas kamu setiap hari. Misalnya penggunaan komputer, internet, mesin fax, foto copy, dll. So, sekalipun kamu tidak tertarik dengan teknologi, pelajarilah teknologi. Paling tidak kamu memahami dan menguasai teknologi yang berkaitan pekerjaan mu. Lagipula kamu nggak mau kan terlihat primitif hanya karena masih berkutat dengan alat-alat yang bersifat manual kan?

- Bergabung dengan organisasi di luar kantor

Membina hubungan dengan suatu organisasi profesi bisa jadi salah satu lompatan menuju sukses. Bayangkan jika organisasi ini dikenal juga oleh direksi perusahaan tempat kamu bekerja, dan kamu mendapat kesempatan untuk tampil sebagai pembicara di sebuah seminar yang diselenggarakannya. Tentu kamu akan mendapat point tersendiri di mata perusahaan. Sehingga hal ini membuka jalan bagi kesuksesan karir kamu bukan?

- Berani mencoba tantangan

Jangan menolak jika kamu ditawari menangani proyek yang tergolong berat. Ini merupakan kesempatan untuk unjuk kemampuan. Di saat rekan lain tidak berani, kamu harus berani melakukan gebrakan. Tapi tentu saja jangan Cuma dibicaraiin saja, persiapkan projek yang akan dikerjakan dengan sebaik mungkin dan kerjakan dengan tekun. Ingat, kesempatan baik ini tidak sering-sering datang. Maka manfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya.

Bagaimana? Berani menerima tantangan? Nah anda yang merasa mentok di karir, coba ikuti petunjuk tadi. Semoga karir kamu yang tadinya flat bisa meningkat. Jangan lupa selain usaha, sertai dengan doa..!


Sumber: FAIR POINT GROUP

Editor: Novi Kurnia Maulidta - Binus Career Consultant


Uploaded By : Nurlianti Auliani
Last Update : 30/11/2016

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 1100
  • Available Position : 40779
  • Total Jobseekers : 537642
  • Total Employer : 11780