Articles

Cara berinteraksi dengan rekan kerja yang memiliki keterbatasan

Dalam kehidupan kerja pasti anda akan menemukan berbagai macam karakter dan jenis kepribadian yang berbeda-beda. Bagaimapun karakter rekan kerja, anda harus tetap dapat berinterasksi dengan baik. Lalu bagaimana jika rekan kerja anda mengalami keterbatasan, baik itu keterbatasan fisik, sensori , mental . Merasa bingung berbicara dan berinteraksi dengan rekan kerja yang memiliki keterbatasan? Bersosialisasi dengan siapa pun tidak seharusnya dibedakan dengan sosialisasi yang lain. Namun, jika Anda tidak familier dengan kekurangan orang tersebut, Anda mungkin takut mengucapkan sesuatu yang dapat menyinggung perasaan, atau melakukan sesuatu yang salah saat Anda berniat membantunya. Berikut ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan ketika berinteraksi dengan rekan kerja yang memiliki keterbatasan :

1. Hormatilah orang tersebut, itu yang terpenting

Seseorang yang memiliki keterbatasan harus dihormati selayaknya Anda menghormati orang lain. Lihatlah orang lain sebagai manusia, bukan manusia dengan keterbatasan. Berfokuslah pada pada kepribadiannya dan prestasinya

2. Jangan meremehkan seseorang yang mempunyai keterbatasan

Terlepas dari kemampuannya, tidak ada seorang pun yang ingin diperlakukan seperti anak kecil atau dipandang rendah oleh orang lain. Saat Anda berbicara pada seseorang dengan keterbatasan, jangan gunakan kosakata kanak-kanak, nama hewan peliharaan, atau suara yang dikeraskan. Jangan gunakan gerak-gerik yang merendahkan seperti mengusap punggung atau rambutnya. Kebiasaan ini mengisyaratkan bahwa Anda tidak merasa seseorang dengan keterbatasan mampu untuk memahami ucapan Anda, dan Anda menyamakannya dengan seorang anak kecil. Gunakan nada bicara dan kosakata seperti biasanya, dan bicaralah padanya seperti saat Anda berbicara dengan rekan-rekan yang lain.

3. Jangan gunakan label atau istilah yang bisa menyinggung perasaan, terutama dalam cara yang santai

Label dan nama-nama yang merendahkan tidak pantas untuk dipakai dan harus dihindari ketika Anda sedang berbicara dengan seseorang yang memiliki keterbatasan. Mengenali seseorang karena keterbatasannya atau membuat sebuah label yang dapat menyinggung perasaan (seperti cacat) merupakan perilaku yang tidak sopan dan kasar. Selalu berhati-hatilah dengan apa pun yang Anda katakan, sensorlah bahasa Anda jika diperlukan. Selalu hindari nama-nama seperti bodoh, idiot, pincang, cebol, dan lain-lain. Jangan mengenali seseorang karena keterbatasannya, tetapi kenalilah nama atau perannya dalam suatu pekerjan yang sudah dilakukannya. Dan lihatlah setiap kelebihan yang yang dimiliki oleh seseorang

4. Bersabarlah dan ajukan pertanyaan jika dibutuhkan

Selalu ada godaan untuk mempercepat percakapan atau melanjutkan kalimat yang hendak diutarakan seseorang dengan keterbatasan, namun hal ini sangat tidak sopan. Selalu biarkan ia berbicara dalam tempo yang ia sukai, tanpa memaksanya untuk berbicara, berpikir, dan bergerak lebih cepat. Sebagai tambahan, jika Anda tidak mengerti sesuatu yang Ia bicarakan karena ia berbicara terlalu lambat atau terlalu cepat, jangan takut untuk bertanya. Dengan merasa bahwa Anda mengerti apa yang ia katakan bisa membuat Anda malu jika ternyata Anda salah mendengar ucapannya, jadi, jangan lupa ulangi perkataannya untuk mengecek ulang.


Sumber : http://id.wikihow.com/Berinteraksi-dengan-Seseorang-yang-Memiliki-Keterbatasan


Editor : Novi Kurnia Maulidta

Uploaded By : Nurlianti Auliani
Last Update : 29/12/2016

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 1092
  • Available Position : 40777
  • Total Jobseekers : 537482
  • Total Employer : 11780