Articles

Tips Menghadapi Psikotes


Anda sudah mengirimkan CV ke perusahaan dan dipanggil untuk mengikuti psikotes ? jangan khawatir, sebelum Anda lebih jauh untuk mengikuti berbagai tes untuk melamar pekerjaan tersebut, Anda perlu memastikan dulu bahwa Anda sudah yakin dengan posisi yang hendak dilamar sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki. Kemudian mempersiapkan diri Anda sebelum melakukan psikotes sehingga Anda dapat lolos ke tahap berikutnya. Nah, apa saja persiapan yang harus dilakukan, berikut beberapa tips dibawah ini yang bisa Anda ikuti :

- Sebelum melakukan psikotes, persiapkan diri Anda dengan istirahat yang cukup. Sering kali kandidat yang sebenarnya mampu mengerjakan soal psikotes tapi tidak dapat mengerjakan soal dengan maksimal karena kondisi fisik yang kurang prima sehingga hasil tes menjadi jelek.

- Pastikan mengetahui lokasi tes yang akan Anda ikuti, disarankan Anda mencari tahu terlebih dahulu beberapa hari sebelumnya mengenai lokasi dan tempat dilaksanakannya tes tersebut.

- Walapun tidak diminta untuk membawa alat tulis, Anda dapat membawa alat tulis sendiri untuk persiapan apabila di lokasi tes tidak disediakan alat tulis.

- Jangan lupa untuk sarapan terlebih dahulu. Karena waktu psikotes biasanya cukup lama berlangsung sekitar 2-3 jam dan dimulai pada pagi hari, alangkah baiknya jika Anda sarapan atau memakan sesuatu untuk mengantisipasi apabila terjadi gangguan kesehatan maupun fokus Anda dalam mengerjakan soal disebabkan rasa lapar.

- Usahakan Anda sudah berada di lokasi pada dua puluh atau sepuluh menit sebelum dimulainya psikotes, dan pastikan Anda sudah siap untuk melakukan tes.

- Setelah Anda mempersiapkan diri sebelum mengikuti psikotes, Anda akan diberikan lembar jawaban. Ketika diberikan instruksikan untuk mengisi data diri, Anda dapat segara mengisinya tulislah dengan rapih dan lengkap.

- Perhatikan dan dengarkan pengarahan dari pengawas tes, Anda juga dapat membaca terlebih dahulu instruksi yang ada di lembar soal tes sebelum menjawab. Jangan ceroboh langsung mengerjakan soal tes tanpa mengetahui petunjuk pengisian.

- Bila ada keraguan dalam menjawab soal tes, jangan malu dan sungkan untuk bertanya kepada pengawas untuk membacakan instruksi atau petunjuk untuk menjawab soal tes. Kemudian pilihlah soal yang mudah terlebih dahulu agar tidak memakan waktu karena terpaku pada soal yang sulit.

- Setelah selesai mengerjakan soal tes, periksa kembali jawaban Anda untuk memastikan diisi semua dan mengoreksi jika ada jawaban yang menurut Anda masih ragu atau salah. Kemudian, Anda dapat menunggu instruksi selanjutnya dari pengawas tes.

Dari tips tips diatas, semoga bermanfaat dan dapat membantu bagi pembaca dalam menghadapi psikotes kerja. Jangan lupa berdoa sebelum mengerjakan soal tes agar diberi kelancaran dalam menjawab.


Dian Wahyuni


Uploaded By : Nurlianti Auliani
Last Update : 21/12/2016

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 1092
  • Available Position : 40777
  • Total Jobseekers : 537482
  • Total Employer : 11780