Articles

Strategi Kerja Cepat Sebelum Liburan

Liburan Akhir Tahun hampir tiba. Di satu sisi, angan-angan libur panjang dan berkumpul bersama keluarga sudah di depan mata. Di sisi lain, pekerjaan di hadapan Anda pun masih menunggu untuk segera diselesaikan. Bagaimana agar bisa diselesaikan dengan cepat? Nah, agar pekerjaan Anda bisa cepat selesai, Anda harus bisa berdisiplin dengan diri Anda sendiri. Bagaimana caranya, berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan, seperti dikutip dari womensmedia.com. (http://lifestyle.okezone.com/read/2010/09/01/198/368831/strategi-kerja-cepat-sebelum-libur)

Buat rencana


Saat kita sampai di tempat kerja, hal pertama yang dilakukan pasti membuka komputer atau membuat minuman. Namun, cobalah untuk melakukan hal lain selain dua hal tersebut, yaitu duduk dua menit di meja dan membuat rencana singkat tentang hal-hal yang ingin dikerjakan hari itu. Anda bisa membuat catatan singkat yang bisa menjawab tiga pertanyaan ini. Apa prioritas Anda hari ini? Jika Anda hanya mampu menyelesaikan satu pekerjaan dalam sehari, pekerjaan yang mana yang akan membuat Anda merasa sangat puas? Apakah ada pekerjaan yang membuat pikiran Anda menjadi resah? Dari tiga jawaban tersebut, pilih yang manakah yang akan Anda kerjakan.

Jauhi e-mail dan situs yang tak berhubungan dengan pekerjaan


Terlalu lama mengurusi e-mail dan membuka situs yang tak ada hubungannya dengan pekerjaan bisa menjadi penyebab kesibukan sekaligus pertanda manajemen waktu yang buruk. Biasanya seseorang akan memeriksa email saat tak tahu pekerjaan yang selanjutnya harus dikerjakan atau saat pekerjaan berikutnya terasa sulit untuk dikerjakan. Cobalah Anda hitung berapa kali Anda membuka e-mail saat Anda tak tahu harus melakukan apa, maka Anda akan takjub akan hasilnya.

Para ahli manajemen kerap mengibaratkan kebiasaan mengintip email dan situs sebagai saat komputer menghabiskan banyak energi untuk mengerjakan dua hal yang berbeda. Saat Anda membuka dan menutup program software yang berbeda, maka komputer akan membutuhkan beberapa waktu untuk mengerjakannya. Begitu juga dengan otak Anda saat harus mengerjakan dua hal yang berbeda di saat yang bersamaan. Energi Anda akan habis karenanya, dan yang paling penting waktu Anda akan banyak terbuang.

Minta bantuan


Terkadang orang membutuhkan bantuan orang lain untuk menyelesaikan pekerjaan kantor. Begitu juga dengan urusan di rumah maupun dalam pertemanan. Jadi jika Anda membutuhkan bantuan rekan kerja untuk menyelesaikan pekerjaan, membutuhkan bantuan pasangan untuk menyelesaikan pekerjaan di rumah, seperti memasak dan menjaga anak-anak, atau membutuhkan bantuan sahabat untuk mengantarkan Anda ke suatu tempat, katakana saja kepada mereka.

Belajar berkata tidak


Ketika sedang banyak yang dikerjakan dan disaat itu juga rekan kerja Anda meminta bantuan, maka sebaiknya Anda tetap fokus pada pekerjaan dengan menolak bantuan untuk menolong. Pada sebagian orang, berkata tidak sulit untuk dilakukan. Entah dengan alasan menyenangkan orang lain atau takut membuat mereka kecewa, berkata ya menjadi semacam jawaban yang otomatis keluar saat dimintai pertolongan. Jika penyesalan keluar saat berkata ya, maka sudah saatnya bagi siapa pun untuk belajar berkata tidak.

Selamat mencoba dan selamat berlibur ^_^


Editor : Novi Kurnia Maulidta Binus Career Consultant


Uploaded By : Nurlianti Auliani
Last Update : 28/12/2016

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 1100
  • Available Position : 40779
  • Total Jobseekers : 537642
  • Total Employer : 11780