Articles

Upaya Penerapan Pendidikan Karakter Bagi Mahasiswa

Karakter merupakan nilai-nilai perilaku manusia yang berhubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama manusia, lingkungan dan kebangsaan yang terwujud dalam pikiran, sikap, perasaan, perkataan dan perbuatan berdasarkan norma-norma agama, hukum, tata krama, budaya dan adat istiadat.

Pendidikan karakter merupakan salah satu upaya untuk mempengaruhi karakter mahasiswa melalui proses pendidikan, baik dalam memahami, memperhatikan, dan menerapkan nilai-nilai etika atau budi pekerti dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan karakter sangat penting dalam pembangunan suatu bangsa. Bangsa yang memiliki karakter dan kepribadian baik, diharapkan akan unggul.

Tujuan pendidikan karakter untuk menanamkan dan membentuk sifat atau karakter yang diperoleh dari cobaan, pengorbanan, pengalaman hidup, serta nilai yang ditanamkan sehingga dapat membentuk nilai intrinsik yang akan menjadi sikap dan perilaku mahasiswa. Lingkungan dan keluarga sangat berperan penting dalam pembentukan karakter, sudah semestinya kedua orang tua menanamkan pendidikan karakter pada anak sejak dini, baik dari perkataan maupun perilaku sehari hari. Nilai-nilai yang ditanamkan berupa sikap dan tingkah laku tersebut diberikan secara terus-menerus sehingga membentuk sebuah kebiasaan dan melalui kebiasaan tersebut akan menjadi karakter khusus bagi setiap individu. Sebenarnya pendidikan karakter ini telah didapatkan sejak dari kecil mulai dari lingkungan keluarga, masyarakat, serta dalam lembaga pendidikan, di sekolah misalnya siswa sudah dibekali dengan nilai nilai Agama, Pendidikan Kewarganegaraan yang didalamnya sudah mencangkup nilai pendidikan karakter. Semua itu harus dipraktikkan dalam kehidupan sehari hari.

Bagi Mahasiswa hal ini bertujuan untuk meningkatkan akhlak dan sifat terpuji, tidak hanya menjadi mahasiswa yang pandai saja namun tak bermoral, setelah lulus menjadi pejabat yang korupsi. Punya potensi yang besar namun digunakan untuk hal yang tidak baik dan merugikan masyarakat. Namun diharapkan ketika terjun di dalam masyarakat atau dunia kerja maka karakter positif itu akan menjadi benteng dari berbagai tindakan tidak terpuji tersebut serta menjadi wadah untuk pengembangan diri mahasiswa dan menjadi seseorang yang berkepribadian unggul.


Sumber: https://lailianurchasanah.wordpress.com/tugas-artikel/3-upaya-penerapan-pendidikan-karakter-bagi-mahasiswa/


Uploaded By : Nurlianti Auliani
Last Update : 01/10/2018

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 1092
  • Available Position : 40777
  • Total Jobseekers : 537482
  • Total Employer : 11780