Articles

5 Langkah Hebat Membuat Career Plan

Setiap orang yang hidupnya teratur sudah pasti akan meraih kesuksesan. Meraih kesuksesan biasanya diawali dengan mampu menciptakan rencana yang sudah dijadwalkan. Kamu seharusnya bukan menjadi bagian dari sejarah tapi harusnya menciptakan sejarah baru untuk dirimu sendiri. Terlebih untuk urusan karir kamu harus cermat bertindak dan menentukan sikap. Dalam hal ini ada 5 langkah hebat membuat career plan.

1. Lakukan Self Evaluation

Langkah awal kamu harus bisa self evaluation. Langkah ini menuntut kamu untuk berpikir bagaimana jiwa kamu yang sebenarnya ketika bekerja. Kamu harus mengerti tentang need and want dalam mengerjakan tugas kantor. Kamu setidaknya sudah harus mengerti dan menyebutkan 5 hal apa yang ingin kamu inginkan selama kamu bekerja. Ulas kembali segala potensi kamu dari kelebihan dan kekurangan.

2. Cermati dan Analisa Keahlian Kamu

Renungkan dan fikirkan pekerjaan apa yang menurutmu cocok dengan tipikal pribadi kamu. Jangan memaksakan keadaan atau keterpaksaan. Ingat ya, karena waktu tidak bisa diulang dan semua harus direncakan terlebih dahulu. Kamu harus mengerti apa saja kelemahan dan keahlian yang kamu miliki. Hal ini dikarenakan kamu lebih paham siap tentang diri kamu.

3. Mulai Tentukan Arah

Harus bisa memulai menentukan arah kinerja kamu. Kamu harus mulai mengerti bagaimana arah dari industri yang kamu sukai. Seperti kapal laut, kamu harus menentukan arah tujuan dan menjalani sesuai dengan titik koordinat.

4. Berkomitmen dengan Time Frame yang Dibuat

Kamu harus bisa dan mengerti achievement and rewards apa saja yang mau diraih. Memaksakan diri supaya bisa mencapai target dan juga berkomitmen dalam melakukan sesuatu. Seperti contoh, apakah kamu ingin menyelesaikan training soft skill baru? Atau ingin menciptakan target baru yang fantastis dalam karir kamu? Intinya kamu harus belajar komitmen dengan segala time frame yang sudah kamu buat.

Bukan hanya tekanan yang berat, katakata yang tanpa sengaja dilontarkan kepadamu dan sangat tidak menyenangkan pun pasti akan terjadi, bahkan bisa juga dalam bentuk sebuah complain. Kita harus mampu menerima dengan mental yang tangguh, mempersiapkan diri atas semua kemungkinan baik atau buruk yang akan menimpa. Di situlah diri dan kemampuan kamu diasah untuk menjadi lebih baik. Dan jika kamu memiliki mental yang tanguh pasti kamu bisa bertahan dalam keadaan apapun dan tidak mudah tergeserkan.

5. Review Kembali

Segala macam keluhan, tantangan, tujuan dalam pekerjaan sudah kamu ketahui. Sekarang saatnya kamu memantau hal tersebut. Pantau lah apakah hal tersebut sudah sesuai dengan career plan yang sudah kamu buat.


Sumber: https://www.topkarir.com/article/detail/5-langkah-hebat-membuat-career-plan


Uploaded By : Nurlianti Auliani
Last Update : 01/10/2018

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 1092
  • Available Position : 40777
  • Total Jobseekers : 537482
  • Total Employer : 11780