Articles

Stress Management

Stres. Seringkali kita mengalami masalah kesehatan dikarenakan pengaruh stress. Kita perlu lebih memahami dampak stress pada tubuh dan belajar untuk teknik management stress.

Stress sendiri merupakan respon dari tubuh terhadap perubahan yang kita alami. Adanya perubahan yang terjadi dari hal konstan menjadi berubah seperti penyakit serius, kehilangan pekerjaan, kematian dalam keluarga maupun peristiwa kehidupan yang menyakitkan. Hal ini tak jarang membuat kita merasa stress berat.

Perasaan stress ini apabila tidak dikelola dengan benar akan menjadi masalah. Pengelolaan stress yang baik biasanya meliputi mengelola stress yang berdampak pada masalah kesehatan fisik dan psikologis, serta mengembangkan teknik resilience dan perilaku coping.

Ada berbagai teknik yang dapat dilakukan untuk mengelola stress yaitu:

1. Olahraga

Aktivitas fisik dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Kualitas tidur yang bagus menunjukkan manajemen stress yang baik. Olahraga juga mempengaruhi suasana hati dan melepaskan sejumlah hormon seperti endorphin dan endocannabinoid yang membantu memblokir rasa sakit, dan menenangkan. Olahraga yang bisa dilakukan seperti lari, renang, bersepeda, aerobic, menari dan lain sebagainya.

2. Diet

Mengkonsumsi makanan yang sehat dapat mengurangi efek stress, meningkatkan system kekebalan tubuh, meningkatkan suasana hati, dan menurunkan tekanan darah. Ketika merasa stress berat, junk food biasanya terlihat lebih menarik. Kandungan nutrisi makanan yang akan dimakan juga perlu diperhatikan. Biasakan membawa cemilan sehat ketika keluar rumah, menjauhi makanan olahan dan sebisa mungkin tidak makan sembarangan.

3. Tidur

Salah satu dampak dari stress adalah susah tidur atau biasa disebut dengan insomnia. Kebiasaan tidur yang baik akan masuk ke dalam rutinitas yang dilakukan setiap harinya, termasuk: olahraga teratur, keluar di bawah sinar matahari, sedikit minum kafein menjelang waktu tidur, menetapkan jadwal tidur, tidak melihat elektronik 30-60 menit sebelum tidur, meditasi. Selain itu kebersihan kamar tidur juga penting. Kasur yang nyaman, ruangan yang gelap, tenang, sejuk juga dianggap ideal untuk tertidur.

4. Teknik Relaksasi

Ada berbagai cara untuk relaksasi, seperti yoga, meditasi, deep breating dan biofeedback. Melakukan teknik ini akan membawa pikiran yang lebih tenang, mengirimkan lebih banyak oksigen ke otak dan menenangkan bagian dari system saraf untuk lebih rileks.

5. Berinteraksi dengan Orang lain

Menghabiskan waktu bersama dengan orang lain, mendengarkan cerita kita akan memberikan energi positif pada kita untuk lebih tenang dan rileks dalam menghadapi stress. Selain itu, kita juga akan lebih mudah tertawa ketika bersama dengan orang lain. Dengan tertawa, kita lebih banyak menghirup oksigen. Jantung, paru-paru dan otot mendapat dorongan dan tubuh melepas hormon perasaan senang. Tertawa juga meningkatkan system kekebalan, mengurangi rasa sakit dan memperbaiki suasana hati.

Selain teknik-teknik tersebut diterapkan oleh kita dalam mengatasi stress. Yang tak kalah pentingnya juga berpikir positif. Dengan berpikir positif akan membantu kita untuk menyikapi suatu masalah dengan melihat sudut pandang yang lebih luas dan rasa optimis.

Selamat mencoba ya.. 😊

Disusun oleh Ira Setyawati

Sumber dari:

Scott, E. MS. (2020). How Positive Thinking Impacts Your Stress Level. Retrieved From https://www.verywellmind.com/how-does-positive-thinking-impact-your-stress-level-3144711

Scott, E. MS. (2021). An Overview of Stress Management. Retrieved From https://www.verywellmind.com/stress-management-4157211

Smith, M. W. (2020). Ways to Manage Stress. Retrieved From https://www.webmd.com/balance/stress-management/stress-management

Uploaded By : Albert Henderson
Last Update : 08/04/2021

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 1078
  • Available Position : 40837
  • Total Jobseekers : 550046
  • Total Employer : 11838