Articles

Passion dan Cara Menemukannya

Saat kita memasuki masa kuliah, seringkali banyak di antara kita yang masih dilanda kebingungan mengenai apakah passion yang diri kita miliki. Hal ini sangat penting karena dengan menemukan passion sedini mungkin, kita jadi mengetahui hal apa yang harus dipersiapkan dan diperdalam sehingga setiap langkah yang kita ambil sudah sejalur dengan yang hal yang kita inginkan. Namun, untuk mengetahui passion, kita juga harus terlebih dahulu mengetahui pengertian dari passion itu sendiri.

Berbagai pengertian dari passion sudah dipaparkan dalam berbagai publikasi. Secara umum, passion diartikan sebagai sesuatu yang mendorong seseorang untuk melakukan suatu hal. Passion membuat seseorang merasakan emosi positif saat melakukan sesuatu (bahkan ketika hal tersebut membuatnya kesulitan) sehingga orang tersebut dengan lebih mudah dan kuat dalam mengatasi kesulitan tersebut. Hal ini juga diperkuat dengan kenyataan bahwa orang yang melakukan hal dengan passionate, diketahui lebih kreatif dibandingkan dengan orang yang melakukan sesuatu dengan tidak passionate.

Dengan penjelasan tersebut kita mengetahui bahwa passion dapat membantu kita untuk dapat bekerja dengan lebih bersemangat, baik, dan juga kreatif. Lalu, hal apa sajakah yang dapat membantu kita untuk menemukan passion? Berikut di bawah ini beberapa hal yang dapat membantu kalian beserta penjelasannya:

a. Temukan purpose dalam hidup

Tanyakan diri kalian kegiatan apakah yang membuat kalian menemukan ‘arti’ di dalamnya. Mengetahui bahwa hal yang kita kerjakan memiliki tujuan dan arti yang lebih luas membuat kalian tahu bahwa kalian tidak hanya sekedar bekerja untuk menyelesaikan sesuatu atau mendapatkan uang, namun juga karena kalian memiliki tujuan lainnya. Setelah kalian menemukan kegiatan tersebut, kalian dapat mulai mengelompokkan career apakah yang memberikan kalian kesempatan untuk melakukan dan mengembangkan kegiatan tersebut.

b. Fokus pada ketertarikan dan skill yang dimiliki

Secara natural, kita akan tertarik pada hal yang kita sukai dan ahli dalam melakukannya. Kedua hal ini memiliki peran yang signifikan untuk membangun kepercayaan diri hingga akhirnya membentuk passion. Awalnya, untuk menemukan hal yang kita sukai atau mahir dalam melakukannya, kita dapat mencoba berbagai hal baru. Terdapat banyak hal di universitas yang dapat kita eksplor, seperti kegiatan musik, olahraga, dan berbagai club lainnya. Dengan mencoba berbagai hal baru, semakin besar kemungkinan untuk menemukan passion dalam diri kalian.

c. Jangan Takut Gagal

Satu hal yang pasti. Kalian tidak dapat menemukan passion kalian dengan hanya berdiam diri. Kalian harus berani melakukan banyak hal baru untuk dapat menemukannya. Jangan takut gagal atau takut melakukan hal yang ternyata tidak cocok bagi diri kalian. Menemukan hal yang tidak cocok membuatmu bisa mempersempit passion ataupun kemungkinan karir yang cocok bagi diri kalian.

d. Tes Minat Bakat

Apabila kalian masih belum terlalu yakin akan passion yang dimiliki diri, kalian pun dapat menghubungi psikolog untuk melakukan tes minat bakat. Hasil dari tes ini dapat membantu kalian untuk lebih mengenali bakat apa yang kalian miliki dan bidang pekerjaan apakah yang cocok untuk kelian geluti di masa depan. Setelah mendapatkan hasil tes tersebut, kalian dapat mencoba mendalami bidang-bidang yang direkomendasikan oleh hasil tes tersebut. Selanjutnya, kalian dapat merefleksikan pada diri apakah bidang tersebut memberikan kesenangan dan arti bagi diri kalian saat melakukannya.

e. Temui Mentor atau Konselor Karir

Saat kalian sudah mulai mengetahui apa yang diri kalian inginkan namun belum yakin dengan hal tersebut, kalian dapat mencari mentor yang memiliki kesamaan dalam bidang yang ingin kalian geluti. Tidak hanya karena mentor dapat memberikan insight bermanfaat mengenai bagaimana cara mengembangkan hal yang inginkan, namun dengan menemui mentor, kalian juga bisa menceritakan apabila ada hal yang masih kalian khawatirkan, atau tidak yakin dalam langkah mendalami passion kalian tersebut. Selain itu, kalian juga dapat menemui konselor karir untuk membahas hal yang berhubungan dengan passion atau pemilihan karir. Konselor karir juga dapat membantu kalian untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi dunia kerja di masa depan.

Berdasarkan penjelasan di atas, kalian dapat mengetahui beberapa hal yang bisa membantu kalian dalam menemukan passion. Selain hal-hal tersebut, hal yang harus kalian pahami adalah setiap orang menemukan passion-nya dalam waktu yang berbeda-beda. Apabila kalian melihat orang lain sudah menemukannya dan ternyata diri kalian belum, jangan khawatir dan jangan menyerah. Tetaplah coba berbagai hal baru, temui mentor ataupun konselor karir, dan refleksikan kembali pada diri kalian apakah hal yang kalian lakukan memberikan arti dan tujuan lebih dalam diri kalian? Apabila merasa perlu, kalian dapat menemui psikolog untuk juga melakukan tes minat bakat. Cepat atau lambat kalian pasti akan menemukan passion di dalam diri kalian. Tetap semangat!

Disusun Oleh: Ni Made Rai Kistyanti, M.Psi., Psikolog

Sumber :

Fredrickson, B. L. (2001). The role of positive emotions in positive psychology: The broaden-and-build theory of positive emotions. American Psychologist, 56(3), 218-226.

Kaufman, J.C. (2003). Critical thinking, creativity, and culture: An introduction. Inquiry: Critical Thinking Across the Disciplines, 22(3), 5-7.

Kunat, B. (2015a). Entuzjazm, zaangażowanie, konik, a może bzik… W poszukiwaniu znaczeń kategorii „pasja”. [Enthusiasm, engagement, fervor, hobby or maybe craze… In the search for the meanings of the category of ‘passion’]. Rocznik Pedagogiczny, 38, 155-165

St-Louis, A. C. & Vallerand, R. J. (2015). A Successful Creative Process: The Role of Passion and Emotions, Creativity Research Journal, 27(2), 175-187

https://flashpoint.columbiacollege.edu/wp-content/uploads/2019/02/logo-mobile-flashpoint.svg. (2020). Four Ways to Help Your Students Find Their Passion. Retrieved July 15, 2020, from Flashpoint Chicago: A Campus of Columbia College Hollywood: https://flashpoint.columbiacollege.edu/2019/01/17/four-ways-to-help-your-student-find-their-passion/

Uploaded By : Albert Henderson
Last Update : 27/07/2020

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 10928
  • Available Position : 40791
  • Total Jobseekers : 496927
  • Total Employer : 11774