Articles

Intip rahasia sukses berkarir

Cita-cita semua orang adalah menjadi orang sukses, terutama dalam karir. Nah untuk menjadi orang sukses, apa saja yang perlu dilakukan? Apa saja yang perlu dipersiapkan? Banyak bacaan menyebutkan bahwa satu karakter yang selalu dimiliki orang sukses adalah pekerja keras. Bahwa mereka yang sukses biasanya mulai bekerja lebih pagi, jam kerja di kantornya lebih lama, dan banyak melakukan usaha ekstra (melakukan usaha lebih banyak dari karyawan lain) dalam bekerja. Benarkah demikian?

Sebenarnya, kerja keras bukanlah satu-satunya kunci sukses. Ada banyak faktor lain yang dapat berpengaruh terhadap kesuksesan karir seseorang. Menurut Finansiala (http://finansiala.com/2015/03/kunci-sukses-tak-ditentukan-oleh-kerja-keras/), ada 5 faktor yang berperan terhadap kesuksesan seseorang, yaitu:

1. Orang lain

Tidak ada orang yang bisa bekerja sendirian. Dengan bekerja keras, banyak orang menganggap dirinya bisa kerja sendirian. Bahkan seorang miliarder Richard Branson mengatakan, kesuksesannya dalam berbisnis karena dia membangun banyak jaringan (network). Tanpa dukungan dari orang-orang terdekat, tidak mungkin dirinya bisa sesukses sekarang. Untuk sukses kamu harus berkolaborasi dengan orang lain.



2. Tanpa kebahagiaan itu sulit untuk sukses

Banyak orang yang bekerja terlalu keras jarang merasakan kebahagiaan karena banyak waktu yang tersita hanya untuk bekerja, bekerja, dan bekerja. Tanpa kebahagiaan, kamu akan sulit mengembangkan hasrat mencapai kesuksesan. Kesuksesan pada akhirnya juga tentang bagaimana kamu dapat merasa bahagia karena seluruh pencapaian yang kamu raih.



3. Kerja Cerdas

Bekerja cerdas merupakan strategi proaktif yang lebih penting. Dengan kamu bekerja cerdas, maka akan ada banyak cara kreatif untuk mencapai banyak hasil gemilang tanpa buang waktu. Kerja cerdas, juga penting dibandingkan hanya bekerja keras.


4. Tampilan fisik

Meski tampilan fisik bukan yang utama, tapi kamu memang perlu lebih memperhatikan penampilan. Ada riset yang menyatakan bahwa tampilan fisik dan cara berpakaian pegawai sering dianggap mencerminkan kinerjanya. Bukan artinya harus ganteng/cantik, dandan, mengenakan pakaian bermerk yang mahal. Tapi setidaknya kamu perlu tampil rapi dan bersih di kantor.



5. Kegagalan itu bagian dari kesuksesan

Jangan pernah takut dengan kegagalan. Dengan merasakan kegagalan kamu dapat memperoleh pelajaran dan pengalaman yang berguna, bahkan jika beruntung, kamu dapat mengubahnya menjadi kesuksesan.


Jadi, berarti kita tidak perlu bekerja keras? Tidak demikian! Kamu tetap harus bekerja keras, memberikan upaya terbaik dalam setiap pekerjaan yang kamu lakukan, supaya hasil kerja kamu maksimal. Namun untuk menjadi orang sukses, dibutuhkan lebih dari sekedar bekerja keras. Masih ada faktor-faktor selain bekerja keras yang menentukan kesuksesan kamu.


Semoga sukses ya :)


by Dian Kartikasari (Binus Career Consultant)


Uploaded By : Nurlianti Auliani
Last Update : 21/07/2016

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 4010
  • Available Position : 40325
  • Total Jobseekers : 472958
  • Total Employer : 11651