Articles

Internship oh internship??

Istilah internship atau magang adalah hal yang paling familiar buat mahasiswa tingkat akhir. Sekarang ini, sudah banyak universitas yang membuat program internship menjadi salah satu syarat kelulusan. Dengan kamu mengikuti program internship ini, kamu dapat mengintegrasikan antara pengalaman karir dengan pendidikan yang telah kamu peroleh. Selain itu, ada banyak keuntungan yang bisa kamu peroleh dari internship itu seperti:

1. Bisa berkompetisi dengan lulusan lain untuk memasuki dunia kerja

Dalam mencari pekerjaan setelah lulus kuliah, tentu akan ada saingan. Yang akan menjadi saingan kamu nanti bisa jadi teman-teman sekelas ketika kuliah. Untuk berhasil diterima bekerja di satu perusahaan, berarti kamu harus memiliki keahlian dan kelebihan dibandingkan teman-teman kamu ini. Kamu bisa mengasah keahlian dan kelebihan kamu ini, salah satunya dengan mengikuti program internship. Yang sering membuat bingung seorang lulusan baru dalam mencari kerja adalah, bahwa untuk mendapatkan pekerjaan baru akan diperlukan adanya pengalaman kerja. Sementara sebagai seorang lulusan baru, belum ada pengalaman kerja full-time. Nah disinilah peran pengalaman internship. Memasukkan pengalaman internship ke dalam CV akan dapat membuat kamu bersaing untuk berhasil memperoleh panggilan interview kerja.



2. Ada kesempatan untuk bekerja full-time di perusahaan tempat kamu internship

Ada saja perusahaan yang menerima karyawan intern-nya menjadi karyawan full-time setelah periode internship-nya selesai. Atau, karena kamu mampu menampilkan performa kerja yang baik selama internship, maka perusahaan menjadi terkesan kepada kamu dan ingin merekrut kamu menjadi karyawan full-time. Memang tidak di semua perusahaan terjadi kesempatan menjadi karyawan full-time seperti ini. Tapi biarpun tidak ada, kamu tetap harus bekerja sebaik-baiknya di perusahaan tempat kamu menjalani internship ya.


3. Adanya pengalaman kerja untuk negosiasi gaji

Mayoritas lulusan baru belum memiliki pengalaman kerja full-time, jadi merasa belum saatnya melakukan negosiasi gaji. Atau ketika melakukan negosiasi gaji pun, mereka tidak bisa menjelaskan kenapa mereka layak menerima jumlah gaji yang lebih besar. Adanya pengalaman internship akan menambah rasa percaya diri saat melakukan negosiasi gaji, sehingga dapat menjelaskan kenapa layak menerima gaji sesuai harapannya.



4. Menjalin networking

Melalui pengalaman internship, maka akan semakin banyak profesional yang kamu kenal. Networking atau kenalan bisa menginformasikan kesempatan kerja yang sedang dibuka. Tapi dengan mengikuti internship saja, tidak cukup untuk memperluas networking kamu. Etika kerja tetap harus diutamakan. Jadi kepada rekan kerja dan para atasan, tunjukkanlah bahwa kamu memiliki etika kerja yang baik agar suatu saat nanti mereka mau menginformasikan lowongan kerja kepada kamu.



5. Latihan dan mengenal pekerjaan

Jika kamu tidak mengikuti internship, kamu hanya tahu real-nya satu pekerjaan dari bacaan atau cerita orang saja. Dengan mengikuti internship, kamu jadi lebih kenal suatu pekerjaan. Kamu jadi tahu apa saja sebenarnya job description dan apa yang sehari-hari dikerjakan karyawan pada posisi tersebut. Mengerti hard skill dan soft skill apa saja yang dibutuhkan. Kamu juga bisa tahu nyaman atau tidak menempati posisi tersebut. Jika pada akhirnya tidak suka, kamu masih bisa beralih mencari lowongan untuk posisi kerja yang lain saat akan mencari lowongan kerja full-time. Jadi waktu tidak terbuang percuma.


Manfaatkan kesempatan internship ya :)


by Dian Kartikasari (Binus Career Consultant)


Uploaded By : Nurlianti Auliani
Last Update : 21/07/2016

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 1100
  • Available Position : 40779
  • Total Jobseekers : 537642
  • Total Employer : 11780