Articles

Ingin Karier Maju? Tingkatkan Dulu Kepercayaan Diri dengan Cara Ini

Memiliki karier yang bagus adalah impian semua orang. Nah, salah satu yang sangat dibutuhkan untuk mencapai puncak karier adalah rasa percaya diri. Tanpa adanya faktor ini kita akan selalu merasa rendah diri dan menganggap diri tidak mampu. Padahal, adanya rasa percaya diri akan membantu kita dalam menghadapi segala tugas yang diberikan.

Namun, kadang kala rasa percaya diri itu menurun karena kita tidak yakin dengan diri sendiri, terutama jika baru saja bergabung dengan sebuah perusahaan. Padahal banyak efek negatif jika kita merasa tidak percaya diri. Misalnya, akan membuat kita cenderung berpikir berlebihan, merasa tidak mampu menuntaskan tugas, hingga seringkali menunda sesuatu.
Pastinya kita tidak mau hal ini terjadi kan? Nah, agar performa tetap baik di kantor, kita harus bisa memupuk kepercayaan diri supaya bisa lebih berani dalam memberikan pendapat dan tidak merasa kecil hati.

Menurut psikolog Gita Nurani, M.Psi., timbulnya rasa percaya diri dipengaruhi faktor luar (ekstrinsik) dan dalam dalam diri (intrinsik), dan faktor intrinsik biasanya lebih berpengaruh dalam mendorong rasa percaya diri kita. “Jadi, rasa percaya diri sebenarnya dipengaruhi oleh faktor instrinsik. Rasa percaya diri pun muncul karena terbiasa dan ada kemauan,” ucapnya.
Lalu apa yang mesti dilakukan untuk meningkatkan rasa percaya diri kita dalam menunjang karier? Berikut 4 saran dari psikolog Gita Nurani, M.Psi.

1. Melatih kemampuan berbicara

Orang yang tidak memiliki kepercayaan diri yang tinggi biasanya cenderung segan atau malu untuk mengemukakan pendapat. Ada kekhawatiran bahwa pemikiran kita akan dianggap kurang baik oleh rekan kerja lainnya. Untuk menghilangkan rasa takut ini, kita harus sering melatih diri kita sendiri berbicara di depan umum baik dalam kelompok kecil atau dalam tim. Lakukan ini pada setiap rapat atau koordinasi dan abaikan pikiran takut salah, dianggap bodoh, dan sebagainya. Nyatanya, pemikiran seperti itu yang membuat kita terlihat ‘terbatas’ dan tidak percaya diri.

2. Perbanyak informasi kehidupan kerja

Jadikan informasi sebagai bekal ilmu kita, sehingga ketika bersama rekan kerja lain kita tidak merasa kecil hati karena bisa memberikan pendapat. Memahami pembahasan tentang dunia kerja akan membantu kita untuk lebih terlibat dalam percakapan atau diskusi-diskusi di tempat kerja. Sekarang, sudah banyak sekali akses untuk mendapatkan banyak informasi mengenai kehidupan kerja. Anda bisa mendapatkannnya melalui artikel, buku, seminar atau podcast seputar karier.

3. Tingkatkan terus prestasi kerja

Mempunyai prestasi kerja secara tidak langsung akan mem-boost rasa kepercayaan diri kita, baik di depan atasan maupun di depan rekan-rekan kerja kita. Tunjukkan pada diri sendiri bahwa kita mampu bekerja sesuai dengan harapan atasan. Berusaha mencapai prestasi dan berhasil mendapatkannya akan membuat kita akan lebih percaya diri.

4. Fokus pada kelebihan diri

Mulai sekarang berhenti membandingkan diri dengan rekan kerja lain. Kita harus sadar setiap orang mempunyai standar diri yang berbeda-beda. Kebiasaan membandingkan diri sendiri dengan orang lain itu akan sulit membuat kita merasa bersyukur dan mencintai diri sendiri. Maka itu fokus pada kelebihan yang dimiliki dan asah terus kemampuan agar kita tidak dipandang remeh oleh rekan kerja.


Source: https://kumparan.com/kumparanwoman/ingin-karier-maju-tingkatkan-dulu-kepercayaan-diri-dengan-cara-ini-1rcMe2QSVLI


Uploaded By : Albert Henderson
Last Update : 20/12/2019

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 1368
  • Available Position : 40805
  • Total Jobseekers : 531683
  • Total Employer : 11776