Articles

Lakukan Hal Ini Jika Melakukan Kesalahan di Kantor...

Dalam melakukan aktivitas keseharian kita tak pernah luput dari kesalahan termasuk di kantor. Kesalahan kecil dalam keseharian individu dapat segera diperbaiki dengan cepat, bahkan sebelum diketahui oleh yang lain. Tetapi jika menyangkut kerja tim dalam sebuah proyek, terlepas besar atau kecil hal tersebut sering membuat kita merasa tidak enak hati. Nah, jika kebetulan kamu berada di pihak yang menimbulkan kerugian tim Anda maka, berikut yang perlu Anda lakukan:

1. Meminta maaf segera

Kedengaranya sangat mudah, sejak kecil kita diajarkan jika berbuat salah minta maaf. Namun kita juga tahu, reaksi terhadap sebuah keadaan tidak selalu begitu. Kadang kesalahan yang membuat kita merasa tidak enak, malu atau justru menimbulkan reaksi yang lain. Bukannya mengakui kesalahan, malah bersikap defensif atau bahkan marah. Hanya ada satu cara yang baik, yakni mengakui kesalahan. Kamu tidak perlu untuk terus-menerus, atau mengucapkan maaf dengan berulang-ulang apalagi disertai sikap panik. Cukup tunjukan penyesalan yang tulus atas tindakan kamu, dan memastikan bahwa hal itu tidak terulang.

2. Menerima dan menjalani konsekuensi yang ada

Tergantung dari kesalahan yang dibuat, menerima konsekuensi bisa berarti hal yang berbeda: Mungkin kamu harus melakukan pertemuan tidak nyaman untuk memperbaiki hubungan dengan klien. Lain hal kamu harus bekerja lembur untuk memperbaiki kesalahan yang dibuat. Apapun yang harus kamu lakukan, segera lakukan tanpa mengeluh. Ini akan menunjukkan kepada semua orang di sekitar bahwa kamu bertindak profesional serta seorang yang bertanggung jawab. Konsekuensi lainnya adalah bahwa untuk beberapa saat, kemungkinan kamu akan merasa tidak nyaman atau kurang dipercaya lagi di kantor.
Kabar buruk, seperti yang Anda tahu, adalah bahwa Anda telah membuat kesalahan benar-benar mengerikan. Berita bagusnya Anda tentu bukan satu-satunya orang di dunia ini yang pernah melakukannnya.

3. Menghindari godaan mencari kambing hitam

Anda tidak harus memikul tanggung jawab untuk hal-hal yang tidak Anda lakukan, tapi menyalahkan orang lain tidak pernah menjadi ide yang baik. Jika ada orang lain yang ikut bertanggung jawab atas kesalahan yang terjadi, konsentrasi saja kepada kesalahan yang Anda buat. Ketika meminta maaf atas kesalahan, minta maaf atas tindakan Anda saja. Lakukan dengan Jelas dan spesifik, tetapi jangan pernah membawa orang lain ke dalamnya.

By : Feliks Kurniawan


Sumber: https://www.hipwee.com/opini/lakukan-hal-ini-jika-melakukan-kesalahan-di-kantor-anda/?ref=artikel_rekomendasi


Uploaded By : Nurlianti Auliani
Last Update : 30/08/2018

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 2372
  • Available Position : 40677
  • Total Jobseekers : 476054
  • Total Employer : 11711