Articles

Merasa Capek? Tetapi Masih Tetap Harus Bekerja? Bertahanlah Dengan Cara Seperti Ini!

Kondisi badan yang kurang fit, kurang tidur, pegal-pegal, kelelahan akut dan rasa jenuh pada pekerjaan dan banyak yang lainnya baik secara fisik atau mental yang dapat menghambat kinerja dan produktifitras seseorang. Tetapi kamu mempunyai tanggung jawab untuk menyelesaikan tugas-tugas kantor ataupun pekerjaan yang lain yang harus dikerjakan hingga selesai dengan cara yang profesional. Berikut ini terdapat 10 hal yang dapat membantu kamu untuk dapat menyelesaikan tugas tersebut.

1. Tentukan tugas-tugas yang harus segera diselesaikan

Review the job description you are interviewing for. Pay special attention to the skills and experience required. (Time commitment 5 minutes)

2. Kamu harus dapat menjauhkan diri dari beberapa hal yang dapat membuat kamu terdistraksi

You should have general knowledge of the product or services unique value proposition, its pricing model, its customers, and its competitors (Time commitment 10 minutes)

3. Sediakan botol minuman diatas meja kerjamu

Brainstorm examples that show off your talent! Think of a deal you won and be ready to explain the selling skills you used (Time commitment 5 minutes)

4. Lawan rasa ngantuk dan malas dengan bergerak

Kelelahan membuatmu lebih mudah mengantuk saat sedang bekerja. Memaksakan diri bisa membuat rasa kantuk semakin parah. Lawan rasa kantuk dengan aktif bergerak sembari bekerja. Caranya, gerakkan tubuhmu selama 1 atau 2 menit setelah fokus bekerja selama 20 menit. Kamu bisa melakukan gerakan-gerakan kecil seperti menggoyangkan tangan atau kaki. Bisa juga dengan memilih berjalan-jalan sejenak menjauh dari meja kerjamu.

5. Sesekali pergilah ketoilet untuk mencuci muka

Mencuci muka dengan air dingin adalah cara ampuh untuk membuatmu merasa segar. Rasa segar inilah yang akan membantumu bertahan untuk terus bekerja dan melawan kantuk atau malas. Jika kamu bekerja di rumah, mandi di siang hari sangat disarankan untuk menyegarkan tubuhmu. Dengan begitu, kamu akan lebih bersemangat untuk bekerja dan sejenak melupakan rasa lelah yang sebenarnya sedang kamu rasakan.

6. Nikmatilah secangkir kopi jika itu memungkinkan

Kafein dalam kopi dapat membantu menjaga konsentrasi, termasuk bagi tubuh yang sedang kelelahan. Namun, manfaat kopi tidak akan efektif bagi mereka yang sudah terbiasa minum kopi setiap hari. Kafein hanya bisa bekerja maksimal pada tubuh yang tidak terbiasa mengkonsumsinya. Minum kopi sebelum jam 2 siang sangat disarankan asalkan porsinya pas, cukup secangkir selama 2 atau 3 hari misalnya.

7. Cukup luangkan waktu 20 menit untuk tidur siang

Salah satu yang dibutuhkan tubuh yang sedang kelelahan adalah istirahat. Sebaiknya, luangkan selama 20 menit untuk tidur antara jam 1 siang sampai jam 3 sore. Gunakan separuh waktu makan siangmu untuk tidur demi mengembalikan tenaga dan kesegaran tubuhmu lagi. Selain bisa meningkatkan kemampuan kognitifmu, tidur siang juga dapat mengembalikan energi dan produktivitasmu hingga 2 kali lipat, lho!

8. Pilih porsi makan yang ringan

Sebaiknya, pilih makanan ringan ketika tubuh memang sedang tidak bersahabat. Daripada makan nasi yang butuh lebih banyak energi untuk mencernanya, lebih baik mengganti menu makan siang dengan salad buah atau sayur. Vitamin dan nutrisi dari buah dan sayur akan lebih mudah dicerna sehingga menjaga cadangan energimu.

9. Pastikan tubuhmu terpapar sinar matahari pagi.

Paparan sinar matahari pagi selama 15 menit akan meningkatkan kadar vitamin D dalam tubuh. Vitamin D dan B adalah yang bertugas mengatasi kelelahan yang kamu rasakan. Usahakan untuk selalu bangun pagi dan menikmati sinar matahari sebelum jam 9 pagi. Setelah merasakan hangatnya sinar matahari, tubuhmu akan lebih bersemangat untuk menyelesaikan pekerjaan dan tugas-tugas yang sudah menantimu.

Edited By : Maritha Isma


Sumber: https://www.hipwee.com/tips/capek-tapi-harus-tetap-kerja-bertahanlah-dengan-cara-cara-ini/


Uploaded By : Nurlianti Auliani
Last Update : 30/08/2018

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 2372
  • Available Position : 40677
  • Total Jobseekers : 476054
  • Total Employer : 11711